Masjid Luhur NurHasan

Masjid Indah Pusat Kegiatan Pendidikan

masjid luhur nurhasanah depan

Kabupaten Jombang adalah salah satu daerah di Indonesia yang memiliki tradisi pendidikan Islam yang sangat kuat. Hal itu ditandai dengan banyaknya pesantren besar di sana, salah satunya Pondok Pesantren Gading Mangu.

Pondok Pesantren Gading Mangu mulai beroperasi tahun 1952. Fasilitas pondok pesantren ini tergolong lengkap, memiliki gedung asrama putri dan putra, aula, wisma tamu, dapur umum, pusat kegiatan siswa serta sekolah umum tingkat SMP, SMU, dan SMK di bawah Yayasan Budi Utomo.

Dalam perjalanannya, pondok pesantren mengalami perkembangan pesat sehingga pada tahun 2000 diperluas ke arah selatan. Pusat kegiatannya terletak di sebuah bangunan masjid megah, yaitu Masjid Luhur Nurhasan. Masjid juga dilengkapi dengan ruang terbuka yang luas untuk kegiatan olahraga para siswa.

Jika melewati Jalan Raya Perak yang merupakan jalan lintas provinsi dari Yogyakarta menuju Surabaya, Masjid Luhur Nurhasan yang megah dengan menara menjulang tinggi akan tampak sangat mencolok. Tak pelak, masjid termegah di Kabupaten Jombang ini pun menjadi landmark wilayah setempat.

Keunikan masjid ini ialah keberadaan lima buah menara sebagai simbol rukun Islam. Empat menara menyatu dengan bangunan utama sebagai pendamping kubah. Satu menara lagi terletak tepat di hadapan bangunan utama dengan puncak berbentuk bulat telur, berbeda dengan empat menara lainnya.

Kubah masjid justru tidak terlihat lagi, kecuali jika mengambil sudut pandang dari atas bangunan. Selain karena diameternya yang tidak begitu besar, juga proses pembangunan lantai tiga yang akan dijadikan sebagai fasilitas belajar-mengajar. Oleh sebab itu, keberadaan menara pun menjadi sentralisasi visual.

masjid luhur nurhasanah masjid luhur nurhasanah